"Seribu Orangtua Hanya Dapat Bermimpi, Satu Orang Pemuda Dapat Mengubah Dunia." (Soekarno)

Selasa, 26 Oktober 2010

Makna dari Sumpah Pemuda

Banyak orang mengetahui isi Sumpah Pemuda, tetapi apakah kita sudah mengetahui makna dari Sumpah Pemuda tersebut? Saya sudah meminta pendapat teman-teman saya tentang makna dari Sumpah Pemuda.
Saya ingin menyampaikan makna dari Sumpah Pemuda menurut teman-teman saya. Inilah hasil liputan saya :

Menurut salah satu dari teman saya, makna dari Sumpah Pemuda adalah membangkitkan semangat Nasionalisme para generasi muda. Yang lainnya, Sumpah Pemuda bermakna bahwa semangat Sumpah Pemuda seharusnya membuat kita lebih mencintai negeri yang susah payah dimerdekakan oleh para pahlawan. Selain itu, kita juga harus mencintai produk dalam negeri. Kalau mulai sekarang kita tidak mau mencintai tanah air kita, dan tidak mau mencintai produk dalam negeri, bagaimana negara ini bisa maju? Jadi, kita harus mencintai negara ini lebih dari negara lainnya.
Dan yang terakhir, makna dari Sumpah Pemuda adalah semangat para pemuda Indonesia untuk merdeka dan meneruskan bangsa ini.

Itulah pendapat teman-teman saya tentang makna dari Sumpah Pemuda. Memang, pendapat setiap orang berbeda, tetapi saya yakin makna sesungguhnya dari Sumpah Pemuda itu, sangatlah penting untuk menyadarkan para pemuda bangsa di zaman sekarang ini.

Tidak ada komentar: